Tuesday, June 11, 2013

Haluwa,,,, kue khas aceh.

Haluwa adalah satu satu kue khas aceh,,, sama seperti kue meusekat dan dodol yang menjadi kue ciri khas aceh. Kue ini terbuat dari bahan baku manisan, kelapa parut, dan beras ketan (breuh lekat).
Proses pembuatannya memang membutuhkan energi extra ketika melakukan campuran adonan beras ketan yang sudah di giling dan parutan dari kelapa.

Alhamdllah selama ini, saya dan ibu saya sudah rutin setiap 2 mingguan membuat kue haluwa.Ide untuk membuat Kue khas aceh ini terispirasi oleh ibu saya ketika harga manisan nira waktu itu sedang turun.

Walaupun omzet kami tidak banyak, usaha ini sudah cukup untuk biaya tambahan bagi saya yang sudah bekeluarga. Kue haluwa ini biasanya kami tempatkan di toko-toko kue, baik itu yang ada di kecamatan maupun toko kue yang ada di kabupaten bireuen.

Sistem penjualannya tidak kami jual langsung tapi cuma sekedar kami tempatkan saja di toko-toko kue. Biasanya tiap hari saya cek apakah ada toko-toko yang sudah habis atau belum habis. Jika sudah habis, biasanya uang langsung di bayar. tapi jika ada kue yang tidak laku dan sudah agak basi, biasanya saya mengambil kue itu untuk saya bawa pulang.

Usaha kami ini sudah berjalan + 5 bulan. Begitu banyak kesan-kesan saya dalam membantu ibu saya membuat kue khas aceh ini. Mungkin di sini saya akan sharing aja sedikit kesan ketika proses penyiapan bahan baku saja.


Untuk bisa menghasilkan kue haluwa yang lezat dan mantap, perlu di lakukan dengan teliti waktu pemilihan adonan dasar dari kue ini. Misalnya ketika memilih manisan, banyak manisan yang berbeda rasa dan aromanya. tergantung dari cara pemeliharaan waktu di proses dari air nira menjadi manisan. Salah satu yang membuat manisan terasa asam adalah jika tempat tampungan air nira ini tidak di bersihkan ketika pengambilan air nira (kata ibu sich waktu ngobrol'2 dengan saya) :)

Tapi semuanya memang butuh proses. Asal tekun dan sering kita buat, maka lama kelamaan kuenya akan semakin enak. Aplagi kritikan dan saran dari konsumen makin membuat kami lebih berusaha memantapkan aroma dan rasa dari kue khas aceh ini...

ya... Haluwalon "Asli Haluwa Aceh"... semoga saja nama merek dagang kami ini akan sukses. :)

No comments:

Post a Comment